kontak@reunion81.com

80s generation

Nostalgia 5 Game Ding Dong yang Bikin Kangen

NOSTALGIA! 5 PERMAINAN DING DONG YANG BIKIN KANGEN MASA KECIL

Siapa, sih, yang enggak suka main game? Dari bocah sampai orang dewasa sekarang ini terhipnotis dengan permainan yang bikin lupa waktu ini. Di tambah dengan perkembangnya teknologi, video game sekarang bisa dimainkan di berbagai gadget elektronik. Kamu bisa memainkan permainan favorit kamu kapa pun kamu punya waktu luang.

Tapi tahukah kamu kalau video game yang ada hari ini, cikal bakalnya telah ada dari dua dekade yang lalu? Kalau dulu permainan seperti ini masih dimainkan di mesin besar yang sering disebut dengan nama dingdong. Game dingdong atau yang dikenal dengan istilah arcade di luar negeri, menjadi tempat berkumpul anak-anak muda di tahun 80-an.

Permainan apa saja yang ada di tahun 80-an? Pasti ada beberapa dari permainan ini yang kamu kenal.

  1. Pac Man (1981)

pacman

Ms. Pac Man sering disebut sebagai permainan dingdong tertua yang diciptakan. Permainan keluaran Jepang ini mengkombinasikan antara kecepatan tangan dan ketelitian saat memilih jalan. Tampilan permainan ini sangat sederhana, hanya tentang makhluk bulat kuning yang memakan titik-titk berwarna putih di dalam sebuah labirin. Kamu harus menghabiskan titik-titik itu sebelum dikepung oleh para penjahat yang berbentuk seperti hantu lucu berwarna-warni.

Sampai saat ini Pac Man masih populer di antara para pemain game, beberapa kali juga Pac Man pernah dijadikan ikon bahkan dibuatkan film di Hollywood.

  1. Robotron (1982)

robotron

Game keluaran Williams Electronics ini sebetulnya hanya tentang menembak dan berusaha untuk tidak mati. Dimainkan dengan 2 buah joystick, anak-anak tahun 80-an tidak terlalu menggemari permainan ini karena kendali permainannya yang terlalu sulit. Setelah memainkan beberapa ronde permainan ini, pergelangan tangan kamu akan terasa sakit karena harus mengoperasikan 2 joystick yang sangat kaku.

Tidak ada strategi khusus untuk memainkan permainan ini, tapi kamu juga kan merasa jantung kamu sangat berpacu dan mungkin untuk beberapa orang akan memicu emosi dan mengeluarkan kata-kata umpatan.

  1. Dragon Lair

dragon lair

Dirilis di tahun 1983, Dragon’s Lair menjadi permainan arcade tercanggih di tahun itu. Dengan tampilan yang lebih rumit, permainan ini membuat pemainannya seakan benar-benar mengendalikan karakter kartun di dalamnya. Karena teknologi canggihnya itu, game ini juga jadi game dengan koin termahal saat itu.

  1. Rampage

rampage classic

Game ini cocok untuk kamu yang punya hasrat merusak. Permainan ini memungkinkan kamu untuk mengendalikan monster-monster raksasa seperti King Kong dan Godzilla yang masuk dan menghancurkan kota. Kamu harus bisa membuat sebanyak mungkin kerusakan sebelum keamanan kota menghabisi kamu. Dirilis pada tahun 1986, game ini juga menyajikan konsep baru di mana permainan ini bisa langsung dimainkan oleh 3 orang sekaligus.

  1. Centipede

centipede game klasik

Kamu ingat permainan Snake di handphone nokia jadul punya ayah atau ibu kamu? Kalau kamu pikir permainan itu adalah permainan pertama di jenisnya, kamu salah. Permainan macam ini telah ada dari tahun 1980! Cuma saat itu namanya bukan Snake (ular) tapi Centipede (kaki seribu). Cara mainnya masih sama seperti permainan di handphone jadul, berusaha untuk memberi makan si ular/kaki seribu untuk mendapatkan skor tertinggi. Berbeda dengan permainan dingdong lain yang menggunakan joystick, mesin Centipede menggunakan kendali track ball berukuran besar.

Sebetulnya masih banyak permainan jenis lain yang asik untuk dimainkan seperti game bola FIFA namun dengan tampilan grafis yang lebih sederhana. Coba kamu tanya orang tua-mu, cari tahu apakah masih ada mesin dingdong yang tersedia di daerah kamu.